Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Tips Trik Webmaster Google

Google merupakan search engine paling favorit di dunia maya. Bisa dibilang, penguasaan pasar pencarian dengan google sangatlah besar. Maka tidak heran, banyak dari blogger maupun pemain SEO yang berlomba-lomba mengoptimalisasi blog mereka masing-masing terhadap search engine google untuk meningkatkan hasil pencarian situs mereka. Bisa dibayangkan, jika website kita sering muncul pada pencarian google, maka traffic website kita juga akan semakin banyak, karena memacu jumlah visitor.
Lalu bagaimana membuat agar website anda bisa dengan baik dikenali oleh google? Ada baiknya anda mengetahui, memahami dan kemudian mengaplikasikan petunjuk-petunjuk dari google untuk bisa lebih mudah dikenali.
Google meringkasnya dalam bentuk Petunjuk Google Webmaster :

Petunjuk Webmaster

Dengan mengikuti petunjuk ini akan membantu Google dalam mencari, mengindeks, dan memberi peringkat situs Anda. Meski jika Anda memilih untuk tidak menerapkan saran ini, kami benar-benar mendorong Anda untuk memperhatikan “Quality Guidelines (Petunjuk Kualitas),” dengan seksama yang merangkum beberapa praktik terlarang yang dapat mengarahkan ke situs yang sedang dihapus secara keseluruhan dari indeks Google atau dihukum. Jika situs dihukum, maka tidak akan muncul lagi dalam hasil pencarian Google.com atau situs mitra Google apa pun.

Jika situs Anda sudah siap:

1. Kirim ke Google di http://www.google.com/addurl.html.
2. Kirim sebuah Peta Situs memakai Alat Webmaster Google. Google menggunakan peta situs Anda untuk mempelajari struktur situs Anda dan menambah cakupan laman web Anda.
3. Pastikan semua situs yang harus mengetahui laman Anda menyadari bahwa situs Anda online

Trik Webmaster Google – Petunjuk Membuat Rancangan dan Konten Website

1. Buat situs dengan hierarki yang jelas dan tautan teks. Setiap laman harus mudah dijangkau setidaknya sedikitnya satu tautan teks statis.
2. Tawarkan peta situs ke pengguna Anda dengan tautan yang mengarah ke bagian penting situs Anda. Jika peta situs sekitar atau lebih besar dari 100 tautan, mungkin Anda ingin memecah peta situs ke dalam laman yang terpisah.
3. Buat situs yang berguna dan kaya informasi, serta tulis laman yang menggambarkan konten Anda dengan jelas dan tepat.
4. Pikirkan kata-kata yang akan diketik pengguna untuk mencari laman Anda, dan pastikan bahwa situs Anda memuat kata-kata itu.
5. Cobalah gunakan teks, bukan gambar, untuk menampilkan nama, konten, atau tautan penting. Penelususr Google tidak mengenali teks yang ada dalam gambar.
6. Pastikan bahwa elemen <title> Anda dan atribut alt deskriptif dan akurat.
7. Periksa tautan yang putus dan perbaiki HTML.
8. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan laman dinamis (yakni, URL yang memuat karakter “?”, ingatlah bahwa tidak semua spider mesin pencarian merayapi laman dinamis seperti halnya laman statis. Ini membantu agar parameter tetap singkat dan jumlahnya tidak banyak.
9. Pertahankan tautan dalam laman tertentu dalam jumlah yang sesuai (kurang dari 100).

Trik Webmaster Google – Petunjuk Teknis

1. Gunakan peramban teks seperti Lynx untuk memeriksa situs Anda, karena banyak spider mesin pencarian yang melihat situs Anda layaknya Lynx. Jika fitur seperti JavaScript, cookies, ID sesi, frame, DHTML, atau Flash tetap membuat situs Anda terbuka dalam peramban teks, maka spiders mesin pencarian mungkin mengalami masalah saat merayapi situs Anda.
2. Izinkan bot pencarian untuk merayapi situs Anda tanpa ID sesi atau argumen yang melacak jalurnya melalui situs itu. Teknik ini berguna untuk menelusuri perilaku pengguna perorangan, tetapi pola akses bot sangat berbeda. memakai teknik ini dapat berakibat pengindeksian yang tidak lengkap pada situs Anda, karena bots tidak dapat menghapuskan URL yang tampak berbeda tetapi sebenarnya menunjuk ke laman yang sama.
3. Pastikan server web Anda mendukung If-Modified-Since HTTP header. Fitur ini memperbolehkan server web Anda memberi tahu Google apakah konten Anda berubah sejak terakhir kali kami merayapi situs Anda. Mendukung fitur ini mengamankan bandwith dan overhead Anda.
4. Gunakan file robots.txt dalam server web Anda. File ini memberi tahu perayap direktori mana yang bisa atau tidak bisa dirayapi. Pastikan file itu baru untuk situs Anda sehingga Anda tidak dengan sengaja memblokir perayap Googlebot. Kunjungi http://www.robotstxt.org/wc/faq.html untuk mempelajari cara mengarahkan robot saat mengunjungi situs Anda. Anda dapat menguji file robots.txt untuk memastikan Anda menggunakannya dengan tepat dengan alat bantu analisis robots.txt yang tersedia di Alat Webmaster Google.
5. Jika perusahaan Anda membeli sistem manajemen konten, pastikan sistem dapat mengekspor konten Anda sehingga spider mesin pencarian dapat merayapi situs Anda.
6. Gunakan robots.txt untuk mencegah penelususran laman hasil pencarian atau laman yang dibuat secara otomatis lainnya yang tidak menambah banyak nilai bagi pengguna yang datang dari mesin pencarian.
7. Uji situs Anda untuk memastikan bahwa situs tersebut muncul dengan benar di peramban yang berbeda.

Trik Webmaster Google – Petunjuk Kualitas

Petunjuk kualitas ini mencakup bentuk perilaku menipu yang paling umum, tetapi Google mungkin merespons negatif praktik penipuan yang tidak terdaftar di sini (Mis. menipu pengguna dengan mendaftar situs web terkenal yang salah eja). Tidaklah aman menganggap bahwa hanya karena teknik tipuan khusus tidak tercantum dalam laman ini, berarti Google menerimanya. Webmaster yang menghabiskan tenaga mereka mempertahankan prinsip dasar akan memeberi pengguna pengalaman yang jauh lebih banyak dan setelah itu akan mendapatkan peringkat yang lebih baik daripada mereka yang menghabiskan waktu mereka mencari celah-hindar yang bisa mereka manfaatkan.

Jika Anda yakin bahwa ada situs lain yang menyalahgunakan petunjuk kualitas Google, harap laporkan situs itu di https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport. Google lebih mengembangkan solusi yang dapat diskala dan otomatis daripada masalah, jadi kami berusaha meminimalkan perlawanan spam dari tangan ke tangan. Laporan spam yang kami terima digunakan untuk membuat algoritma yang dapat diskala yang mengenali dan memblokir usaha spam di lain waktu.

Trik Webmaster Google – Petunjuk Kualitas ~ Prinsip Dasar

1. Buat laman yang utamanya untuk pengguna, bukan mesin pencarian. Jangan mengelabui pengguna Anda atau memberikan konten yang berbeda ke mesin pencarian daripada yang Anda tampilkan ke pengguna, yang umumnya diacu sebagai “cloaking.”
2. Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin pencarian. Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan kepada situs web pesaing Anda. Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, “Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika tidak ada mesin pencarian?”
3. Jangan berpartisipasi dalam skema tautan yang dirancang untuk meningkatkan peringkat atau PageRank situs Anda. Secara khusus, hindari tautan ke spammer web atau “bad neighborhoods” dalam web, karena peringkat Anda dapat mendapat pengaruh buruk dari tautan itu.
4. Jangan gunakan program komputer yang tidak sah untuk mengirim laman, memeriksa peringkat, dll. Program semacam menghabiskan sumber komputasi dan melanggar Persyaratan Layanan kami. Google tidak menyarankan penggunaan produk seperti WebPosition Gold™ yang mengirimkan pertanyaan otomatis dan terprogram ke Google.

Trik Webmaster Google – Petunjuk kualitas ~ Petunjuk Khusus

1. Hindari teks atau tautan tersembunyi.
2. Jangan gunakan pengalihan tipuan atau cloaking.
3. Jangan mengirim pertanyaan otomatis ke Google.
4. Jangan mengisi laman dengan kata kunci yang tidak relevan.
5. Jangan membuat beberapa laman, subdomain, atau domain dengan konten duplikat yang penting.
6. Jangan membuat laman dengan perilaku buruk, seperti pengelabuan atau memasang virus, trojan, atau badware lainnya.
7. Hindari laman “doorway” yang dibuat hanya untuk mesin pecarian, atau pendekatan “cookie cutter” seperti program afiliasi dengan sedikit atau tanpa konten asli.
8. Jika situs Anda berpartisipasi dalam program afiliasi, pastikan situs Anda menambah nilai. Memberikan konten yang unik dan relevan yang menjadi alasan bagi pengguna untuk mengunjungi situs Anda lebih dulu.

sumber : http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?hl=id&answer=35769
3.5 / 5 stars