Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Tips Sehat Duduk di Depan Komputer

Anda akan sakit bila terlalu lama bekerja di depan monitor komputer. Bila mengikuti beberapa petunjuk sederhana ini, anda akan bisa terbebas dari bahaya tersebut 😀

Mata

Monitor biasanya memiliki layar anti radiasi cahaya. Bila layar monitor anda tidak memilikinya, pakailah kacamata untuk bisa mengurangi rasa sakit kepada mata. Intinya, jangan biarkan cahaya memantul langsung dari layar ke mata. Mata bisa menjadi tegang bila difokuskan dalam suatu jarak dan objek tertentu dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, biasakan alihkan pandangan mata dari layar komputer setiap 10 menit dan fokuskan pada tempat lain.

Posisi Tubuh

Posisi duduk yang kurang tepat bisa membuat kita kurang nyaman di depan komputer. Carilah kursi yang dapat menyangga punggung dan membuat kakimu dapat menyentuh lantai. Siku dan lutut harus membentuk sudut 90 derajat, dan posisi duduk anda tegak. Keyboard harus sama tingginya dengan siku anda. Layar monitor harus berada di bawah pandangan mata. Gerakan lengan dan jemari bisa mengurangi ketegangan otot dan persendian.

Penyakit RSI

Menurut dokter, penyakit RSI (Repetitive Strain Injury) disebabkan bila seseorang bekerja menggunakan mouse dan keyboard setiap hari. Penyakit ini menyebabkan pergelangan tangan, jemari tangan, dan lengan mengalami radang sendi. Saat mengetik di komputer, pastikan bahwa pergelangan tangan anda dalam keadaan santai dan tidak melengkung.

Beristirahat

Beristirahatlah selama 10 menit setelah bekerja 1 jam di depan komputer agar mata dan organ tubuh lainnya juga beristirahat. (:

Nah bagaimana? semoga tips sehat duduk di depan komputer ini bermanfaat 🙂

 

5 / 5 stars