Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

5 Tips Menjaga Smartphone Anda Bebas Dari Mobile Attack

Hari ini, sangat banyak orang membawa perangkat mobile seperti android atau lainnya. Perangkat mobile telah menjadi sebuah barang yang wajib dibawa layaknya dompet dan kunci rumah. Ada lebih dari 1 miliar smartphone dan ratusan juta tablet yang digunakan hingga saat ini. Teknologi mobile yang tersebar dimana-mana telah menjadi bagian dari rutinitas sehari=hari.

Dan, sama halnya seperti kejahatan cyber, malware, dan phising yang menjadi masalah pada PC anda, serangan juga mengancam perangkat smartphone kita yang dibawa bepergian sehari-hari. Kita harus berhati-hati dari pencurian. Lalu bagaimana dengan keamanan pada jaringan Wifi yang mungkin kita gunakan? Tanpa disadari kita sering membuka peluang ancaman kepada perangkat smartphone kita.

Jadi, bagaimana cara menjaga smartphone anda bebas dari mobile attack?

Sadarilah bahwa perangkat mobile anda tidak lebih aman dari komputer/laptop anda. Keduanya sama-sama menyimpan data penting yang harus aman dari tangan orang tidak bertanggung jawab, dan keduanya juga butuh perlindungan agar menjaga data tetap aman.

Berikut adalah lima cara melindungi smartphone anda dari serangan perangkat mobile:

– Install security software, misalnya antivirius. Jika anda memiliki antivirus di PC, mengapa tidak untuk perangkat mobile anda. Beberapa aplikasi security tersebut bisa meningkatkan keamanan smarphone android dan tablet dari program yang berbahaya. Anda bisa mempertimbangkan untuk memakai layanan dari Symantec, Avast, McAffe, Trend Micro, dan Webroot.

– Hindari mengklik link yang tidak jelas asalnya, misalnya link download zip dari email anda. Cara ini sangat efektif untuk mencegah serangan malware dan spam. Karena beberapa link berbahaya bisa langsung menginfeksi perangkat anda.

– Kunci handphone anda dengan pasword, dan install aplikasi untuk memonitor lokasi android dengan GPS. Beberapa aplikasi menawarkan perlindungan untuk mencegah pencurian. Saya sendiri memakai aplikasi Avast Anti Theft yang menurut saya salah satu yang terbaik. Jika handphone anda selalu dalam keadaan terkunci bila tidak digunakan, maka pencuri akan kesulitan untuk mencuri data dan informasi mengenai anda dan kontak teman-teman anda.

– Jangan tinggalkan smartphone tanpa pengawasan, apalagi di tempat yang banyak tindakan pencurian.

– Jangan takut menggunakan public Wifi, namun tetap harus berhati-hati. Sinyal Wifi adalah gelombang radio dan siapapun dalam area gelombang tersebut bisa mendeteksi data apa yang anda terima dan yang anda kirim. Oleh karena itu, hindari tindakan tersebut dengan cara tidak login pada sistem yang krusialm misalnya, ke akun bank, membeli barang dengan kartu kredit di internet. Akan sangat berbahaya jika koneksi Wifi anda tidak dienkripsi.

Sumber: mylifescoop.com
4 / 5 stars