Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Tips Membeli Kamera Digital atau DSLR

Tips Membeli Kamera Digital DSLR

Apabila anda berminat untuk membeli kamera digital atau kamera DSLR, mungkin anda memerlukan tips berikut ini agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, yang juga bisa merugikan anda. Terutama bila anda baru pertama kali akan membeli kamera DSLR. Membeli kamera DSLR sedikit lebih memerlukan pengetahuan ketimbang membeli kamera compact yang standar.

Berikut ini adalah tips membeli kamera digital atau DSRL:

1.) Survey sebelum membeli

Ingat, jangan sekalipun datang ke toko kamera tanpa membawa pilihan kamera anda. Tentukan pilihan kamera apa yang anda akan beli, kemudian baru datangi toko kamera. Jika anda datang ke toko kamera dengan kebingungan dalam memilih kamera, maka percayalah bahwa pemilik toko biasanya hanya akan mengarahkan anda untuk melakukan pembelian yang bisa merugikan anda. Pemilik toko biasanya cenderung untuk mengarahkan anda membeli kamera yang lebih mahal, atau membeli kamera yang sedang kurang/tidak laku dijual. Oleh karena itu, lakukanlah riset kecil-kecilan di internet untuk menentukan kamera mana yang tepat dengan kebutuhan anda. Saya sendiri selalu melakukan riset di website seperti Dpreview.com atau Cameralabs.com untuk melihat-lihat review dan spesifikasi tiap kamera.

2.) Periksa kondisi kamera sebelum membayar

Selalu cek terlebih dahulu kondisi kamera anda sebelum anda melakukan pembayaran. Kerusakan yang mungkin terjadi antara lain, adanya goresan di lensa, debu/bercak kotoran di sensor kamera, dan dead pixel di LCD. Coba anda potret benda terang atau benda putih polos, dan kemudian cek hasil foto. Jika terdapat kotoran, mungkin saja terdapat bercak di sensor, atau ada goresan di lensa. Segera minta  tukar barang anda dengan yang lebih baik sebelum anda membayarnya.

3.) Beli kamera di tempat terpercaya

Saya sarankan agar anda membeli kamera pada toko yang sudah dipercaya, dan juga banyak direkomendasikan. Ini untuk mencegah agar anda tidak ditipu. Karena bila anda masih seorang pemula yang baru membeli kamera, kemungkinan anda bisa dirugikan oleh oknum penjaga toko yang curang. Hindari toko-toko yang tidak memiliki ‘nama’. Sudah banyak referensi toko kamera yang terpercaya. Saya disini bukan untuk promosi apalagi iklan, namun anda bisa mengacu ke beberapa toko ini yang sudah memiliki nama dan terpercaya: JPC Kemang, Bursa Kamera, Tokocamzone, Aneka Foto, Focus Nusantara, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan rekomendasi toko lainnya di internet.

4.) Survey harga terlebih dahulu

Banyak beberapa toko nakal yang menawarkan barangnya dengan harga tinggi, dan anda mungkin saja tertipu apabila tidak mengetahui harga pasaran. Untuk itu anda semestinya telah mengecek harga kamera yang hendak anda beli terlebih dahulu. Anda bisa mencari referensi harga di toko online internet, misalnya JPCKemang.com, Tokocamzone.com, atau Bhinneka.com.

5.) Tentukan aksesoris kamera yang anda butuhkan

Apabila anda baru membeli kamera, maka ketahuilah bahwa seringkali anda tidak cukup hanya membeli body kamera beserta Lensa. Anda mungkin juga membutuhkan aksesoris lain diluar paket standar pembelian kamera.  Misalnya, alat pembersih, filter lensa (UV atau CPL), screen protector, alat pembersih, tas kamera, tripod, sampai dry box. Mintalah saran kepada orang yang sudah berpengalaman, aksesoris kamera apa yang mungkin anda butuhkan. Ingat, tidak semua peralatan tersebut anda butuhkan. Bijaklah dalam menentukan aksesoris apa saja yang memang perlu anda beli.

Sekian tips membeli kamera digital atau DSLR, semoga membantu 😀

4.5 / 5 stars