Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Tanda Gejala Asam Urat

Gout (baca: gawt) atau pirai dengan gejala utamanya berupa radang sendi atau artritis, adalah penyakit dimana terjadi penumpukan asam urat (urin acid) dalam tubuh secara berlebihan. Penyakit ini bisa akibat produksi asam urat memang meningkat, atau proses pembuangannya melalui ginjal menurun, atau akibat peningkatan asupan makanan kaya purin. Gout sering dikelirukan dengan encok dan rematik, yang lebih dikenal sebagai penyakit gangguan tulang dan sendi pada umumnya. Yang membedakan gout dari penyakit artritis lainnya adalah penyebabnya. Karena itu gout lebih tepat diterjemahkan sebagai penyakit “asam urat”, sedangkan padanan “encok” lebih tepat untuk osteoartritis, radang sendi karena kerapuhan tulang.

Tanda Gejala Asam Urat
Penyakit ini umumnya ditandai dengan rasa nyeri hebat yang tiba-tiba menyerang sebuah sendi pada saat tengah malam, biasanya pada ibu jari kaki (sendi metetarsofalangeal pertama) atau jari kaki (sendi tarsal). Jumlah sendi yang meradang kurang dari empat (oligoartritis), dan serangannya di satu sisi (unilateral). kulit berwarna kemerahan, terasa panas, bengkak, dan sangat nyeri. Pembengkakan sendi umumnya terjadi secara asimetris (satu sisi tubuh). Gejala lain yang mungkin terjadi adalah berupa :
– Demam. Demam denga suhu tubuh 38.3 derajat Celcius atau lebih, tidak menurun selama 3 hari, walaupun telah dilakukan perawatan.
– Ruam Kulit, sakit tenggorokan, lidah berwarna merah atau gusi berdarah.
– Bengkak pada kaku atau peningkatan berat badan yang tiba-tiba.
– Diare atau muntah.
Serangan artritis akut biasanya akan berhenti secara menyeluruh setelah asam urat hilang dari sendi.

Komplikasi
Jangan anggap enteng gangguan asam urat ini, karena dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya: persendian menjadi rusak sehingga pincang, peradangan tulang, kerusakan ligamen dan tendon (otot), batu ginjal (kencing batu), dan gagal ginjal. Hubungi dokter jika anda mengalami gejala serangan asam urat yang disertai demam, ruam kulit, dan bengkak pada sendi.

Buku "Asam Urat" (Vitahealth, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama)
4.5 / 5 stars