Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Sejarah Zaman Perunggu

Sejarah Zaman Perunggu. Sekitar 8.000 tahun lalu manusia menemukan cara mengolah logam. Mula-mula orang membuat barang dari tembaga dan emas yang ditempa dengan batu keras. Tapi lambat laun perajin belajar mengolah logam dengan cara memanaskannya sampai cair. Lalu logam cair itu dituang ke cetakan. Keunggulan logam adalah bisa dibuat menjadi bentuk yang rumit, seperti perkakas dan senjata. Jika patah, logam bisa dicairkan dan dibentuk lagi. Perunggu diperkirakan ditemukan orang pertama kali secara tak sengaja ketika mencampurkan sedikit timah dengan tembaga. Perunggu lalu diketahui lebih keras dan lebih tahan lama dibandingkan dengan logam lain serta bisa dibuat tajam. Zaman perunggu dimulai ketika rakyat di desa dan di tempat kerja mulai memakai perunggu. Salah satu daerah pertama yang membuat perunggu adalah SUmeria di Mesopotamia, tempat kota pertama dibangun.

Mesopotamia
Salah satu peradaban pertama zaman perunggu bermula dari Sumerta, Mesopotamia, yaitu dataran subur diantara S. Tigris dan S. Eufrat, lahan pertanian bangsa Sumer.

Tulisan dan Roda
Tulisan paku, bentuk tulisan paling awal, muncul di zaman perunggu. Tulisan paku direkacipta orang Sumeria, yang juga merekacipta roda pertama. Roda dipakai untuk gerobak, kereta perang, dan perkakas pembuatan tembikar. Kereta perang ialah lambang kota Ur.

Kuda
Tenaga kuda mulai banyak dipakai di akhir zaman perunggu. Kereta perang bangsawan biasanya dihiasi perunggu. Hiasan ada yang berpola enamel merah dan pernah ditemukan di Norfolk, Inggris.

Sumeria
Meski kering, dataran Sumeria subur. Petani menggali parit dari kanal guna mengontrol air dari sungai dan mengairi tanah. Petani bisa mendapat panen besar dan terkadang sampai dua kali setahun.

Pembuatan Batu Bata
Seperti banyak daerah Timur Tengah di Zaman Perunggu, di Sumeria tak ada batu dan kayu pun hanya sedikit. Bangunan besar terbuat dari batu bata. Orang Sumeria membuta batu bata dari campuran lumpur dan jerami. Setelah dicetak, batu bata dijemur di panas matahari.

Pertanian dan Perikanan
Orang Sumeria membuat perahu dan kandang dari gelagah. Gelagah didapat dari tepi sungai. Orang Sumeria tunduk pada dewa dan penguasa, yakni wakil dewa di Bumi. Mereka taat membayar pajak kepada penguasa.

Zaman Perunggu

  • 6000 SM – Masyarakat kuno memanfaatkan tembaga. Beberapa benda kecil dari perunggu dibuat di Timur Tengah.
  • 5500 SM – Sistem irigasi pertama kali muncul di Mesopotania
  • 4500 SM – Bajak dipakai pertama kali di Mesopotania. Layar mulai pada perahu di S. TIgris dan S. Eufrat.
  • 3500 SM – Perkotaan pertama dibangun di Mesopotania. Disini orang mulai menggunakan perunggu. Mulailah zaman perunggu di Timur Tengah.
  • 3500 SM – Tulisan gambar muncul di Mesopotania.
  • 2800 SM – Di lembah S. Indus timbul kebudayaan zaman perunggu, suatu peradaban India yang bertumpu pada pertanian.
  • 2500 SM – Penggunaan perunggu menyebar ke Eropa.
  • 2100 SM – Kota Ur di Sumeria mencapai puncak kejayaannya.
  • Sekitar 1600 SM – Zaman perunggu mulai di Cina. Bejana untuk upacara terbuat dari perunggu.
  • Sekitar 1200 SM – Kerajaan Asiria berdiri.
  • 1000 SM – Besi menggantikan perunggu sebagai logam utama.
Ensiklopedi Populer Anak jilid 6
4.5 / 5 stars      





Leave a Comment


Name

Mail (will not be published)

Website (may be blank)

Your message...