Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Sejarah Zaman Besi

Pada beberapa bahasa kuno, besi berarti “logam dari langit”. Ini mungkin karena besi pertama untuk membuat perkakas dan senjata berasal dari meteorit. Pengolahan besi diduga bermula di Timur Tengah sekitar 6.000 tahun yang lalu. Awalnya besi ditempa tanpa dipanasi dahulu. Lalu orang pun belajar melebur besi dengan memanaskan bijih besi. Tak seperti perunggu, yang juga dipakai orang masa kuno, besi tak meleleh melainkan melunak. Besi lunak inilah yang ditempa dan dipanaskan lagi hingga cocok bentuknya. Tungku khusus dipanaskan lagi hingga cocok bentuknya. Tungku khusus dipakai guna mencapai suhu pembakaran yang tepat. Bangsa Hittit, yang hidup di wilayah Turki sekarang, menjadi bangsa pertama yang berdagang besi. Tetapi baru sekitar tahun 1000 SM keahlian melebur besi menyebar. Zaman besi pun dimulai. Di Eropa Barat, bangsa Kelt menjadi salah satu bangsa pertama yang mengolah dan memakai besi.

Pengolahan Besi
Tungku pertama terbuat dari batu yang lubangnya dangkal. Batu tungku itu diisi bijih besi dan arang kayu. Embusan membantu untuk menaikkan suhu sampai sekitar 1.2000 Celcius sehingga besi dapat diolah. Bangsa Kelt memakai tungku lebih dalam. Besi terkumpul di dasar dan kotorannya, yang disebut kerak, terkumpul di atas.

Perkakas
Dari besi dibuat berbagai perkakas seperti gergaji bergerigi dan tang. Tang dipakai untuk menjepit logam yang sedang ditempa.

Senjata
Senjata besi lebih unggul dibandingkan senjata perunggu. Senjata besi memiliki mata lebih tajam dan lebih efektif.

Pakaian
Bangsa Kelt menyukai perhiasan. Pakaian bangsa Kelt terbuat dari wol yang sering bercorak kotak-kotak. Pria dan wanita kaya biasanya memakai kalung dari emas atau perunggu yang dipilin dan jubah yang diikat dengan bros.

  • Sekitar 4000 SM Benda pertama yng dibuat dari besi meteorit muncul di Timur Tengah.
  • Sekitar 1500 SM Orang Timur Tengah menemukan cara melebur bijih besi dan mengolahnya dengan cara memanaskan dan menempa (besi tempa). Bangsa Hitut menguasai perdagangan besi pada masa itu.
  • Sekitar 1000 SM Zaman besi dimulai di Timur Tengah dan Yunani. Pengolahan besi juga dimulai di India.
  • Sekitar 800 SM Pemakaian besi meluas ke Eropa. Bangsa Kelt juga ahli dalam mengolah besi.
  • Sekitar 400 SM Bangsa Cina menemukan cara membuat barang cetakan dari besi. Caranya dengan melelehkan bijih besi dan menuangkannya ke cetakan.
  • Sekitar 1760 M Revolusi Industri menimbulkan pembaruan dalam penggunaan besi dan juga mengembangkan teknik-teknik pengolahannya.
Ensiklopedia Populer Anak jilid 6 (Percetakan PT Ichtiar Baru Van Hoeve)
4.5 / 5 stars