Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Plankton

Plankton

Plankton adalah nama yang diberikan terhadap jutaan organisme amat kecil yang mengapung dan dijumpai di kolam, danau, dan laut. Fitoplankton adalah tumbuhan yang amat kecil dan zooplankton adalah hewan renik. Bakteri dan jamur air juga dijumpai dalam plankton. Mayoritas organisme ini tidak dapat berenang, dan bergantung pada aliran air yang kecil untuk mengangkutnya dan menjaganya agar tidak tenggelam.

Kebanyakan fitoplankton terdiri atas jenis alga yang berbeda, termasuk banyak spesies diatom. Diatom mempunyai sebuah kulit silika yang terbelah dua, yang mengatup menyatu seperti kotak dan tutupnya untuk melindungi sel hidup di dalamnya. Semua diatom tidak dapat berenang. Diatom mempunyai cara-cara untuk meningkatkan daya apungnya, baik dengan mengembangkan spina berduri atau dengan menyatu dan membentuk rantai atau struktur seperti binatang.

Zooplankton berkisar dari hewan bersel satu mulai dari copepod (yakni anggota keluarga kepiting yang amat kecil) sampai larva dari hewan yang lebih besar. Semuanya bergantung pada fitoplankton sebagai sumber makanan utamanya. Plankton merupakan bentuk kehidupan yang amat berlimpah dan seringkali disebut ‘rumput laut’, karena ia menjadi makanan dasar bagi banyak ikan dan mamalia air seperti ikan paus. Sekalipun jika mereka tidak langsung memakan plankton tersebut sendiri, mereka memakan hewan yang memakan plankton tersebut.

Sumber: OXFORD Ensiklopedia Pelajar, Jilid 6.

4.5 / 5 stars