Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Pengalaman Menggunakan Berbagai Web Hosting

Hai, disini saya akan menceritakan beberapa pengalaman saya menggunakan beberapa provider web hosting di Indonesia.

Pengalaman menggunakan hosting indositehost.com

Ini adalah web hosting pertama kali yang saya pakai. Sudah lama sekali, sampai saya pun juga tidak terlalu ingat mengenai web hosting. Yang jelas harganya cukup murah, pelayanannya lumayan. Namun interface websitenya buruk menurut saya, sehingga tidak terlalu nyaman.

Pengalaman menggunakan hosting idhostinger.com:

Web hosting ini sepertinya satu-satunya yang menyediakan hosting gratis dengan penyimpanan hingga 2GB. Luar biasa! Namun, saya tidak akan pernah mengeluarkan uang sepeser pun kepada web hosting ini. Kontrol panel untuk mengelola domain tidak mengunakan Cpanel, interface tidak terlalu baik. Saya sendiri sering mengalami eror ketika menggunakan hosting ini terutama pada saat memanajemen file, entahlah. Yang paling penting, jangan mengandalkan email forwarder pada web hosting ini. Pada beberapa minggu mungkin berjalan normal, namun selebihnya, tidak berfungsi. Fitur email forwarder pada web hosting ini tidak bisa diandalkan. Dengan control panel yang terbatas dan seringnya eror pada saat mengelola file, web hosting ini saya rasa tidak terlalu baik untuk dipakai jangka panjang.

Pengalaman menggunakan hosting hostingceria.com

Masih menjadi web hosting favorit saya sejauh ini. Tampilan sederhana, mudah digunakan. Yang paling penting, customer servicenya sangat responsif, bahkan meskipun anda berinteraksi melalui email. Anda tidak perlu menunggu sampai 1 jam untuk mendapatkan account hosting anda, sejak anda melakukan konfirmasi pembayaran.  Harganya pun cukup murah (kecuali untuk harga domain), dan tersedia pilihan hosting hemat. Namun, beberapa kali memang website saya mengalami down. Meskipun dalam beberapa bulan ini hal tersebut sudah sangat jarang terjadi, sepertinya memang sudah dilakukan perbaikan.

Pengalaman menggunakan hosting masterweb.net

Web hosting yang (katanya) no.1 se-Indonesia. Saya kira tidak, bahkan ini yang terburuk. Interface buruk. Pelayanan buruk. Tidak ada Cpanel. Spanel yang disediakan kualitasnya buruk. Email saya sering dibalas terlambat. Saya pernah harus menunggu lebih dari 1 hari untuk mendapatkan account hingga aktif, sejak saya melakukan konfirmasi pembayaran. Saya tidak akan pernah lagi menggunakan web hosting ini!

Pengalaman menggunakan hosting idwebhost.com

Web hosting yang (katanya) no.2 se-Indonesia. Saya rasa web hosting ini jauh lebih baik ketimbang masterweb. Interface cukup elegan. Namun, setelah konfirmasi pembayaran anda harus menunggu 1-2 jam, tidak secepat hostingceria, tidak seburuk masterweb. Pelayanan melalui email biasa saja, tidak istimewa. Sedangkan kualitas customer service melalui chat patut diacungi jempol. Mereka cepat tanggap. Oh iya, saya pernah bermasalah dengan idwebhost. Ketika melakukan pembelian hosting, saya selalu mengingatkan agar hosting saya tersebut ditempatkan di server USA. Namun, ternyata saya mendapatkan hosting tersebut ditempatkan Indonesia. Beruntung saya tidak bodoh, saya meminta mereka untuk memindahkannya. Hal ini cukup memalukan untuk sebuah penyedia web hosting yang katanya kedua terbaik di Indonesia. Selebihnya, menurut saya web hosting ini sudah cukup baik.

Disclaimer: Merupakah subjektif saya sendiri, bukan rekayasa.
4.5 / 5 stars