Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Paper Traditional CRM vs Social CRM

Ini adalah salah satu hasil karya saat pada saat membuat paper, semoga bermanfaat.

Judul Paper:

Traditional CRM vs Social CRM: Mengapa Harus Social CRM?

Abstrak

CRM semakin berkembang. Social CRM adalah extended CRM yang mengintegrasikan social media dengan CRM. Banyak perusahaan yang belum menyadari keunggulan dari social CRM ini, dan belum menggunakan social media dalam aktivitas mereka. Untuk itu penelitian ini akan mengembangkan beberapa alasan yang menunjukkan bahwasanya social CRM ini lebih baik ketimbang CRM yang tradisional. Menggunakan metode penelitian perpustakaan, penulis akan membahas social CRM dengan berbagai keunggulannya. Harapannya, penelitian ini bisa meningkatkan kesadaran perusahaan untuk menggunakan social CRM, tidak hanya traditional CRM.
Keywords: CRM, Social CRM, Traditional CRM, Social media, Social network.

Latar Belakang

Customer relationship management, atau yang biasa disingkat sebagai CRM adalah strategi yang banyak diterapkan oleh perusahaan dalam mengelola interaksi serta hubungan dengan pelanggan, klien dan sales prospect. Dalam penerapannya, CRM ini menggunakan teknologi untuk mengelola, melakukan otomatisasi dan menyesuaikan proses bisnis yang dijalankan. CRM bisa menjadi sebuah kunci untuk membuat keunggulan kompetitif perusahaan.

Banyak pula keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan dengan menerapkan CRM ini, diantaranya terintegrasinya customer service, integrasi data pelanggan, pemahaman pelanggan dengan lebih baik, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan jumlah pelanggan, dan semuanya itu akan berdampak pada keuntungan perusahaan yang akan meningkat.

Seiring berjalannya waktu, praktik Customer Relationship Management (CRM) semakin lama semakin berkembang. Hal ini juga beriringan dengan perkembangan teknologi, memicu berubahnya tren individu dalam menggunakan teknologi. Social media adalah salah satu contohnya. Salah satu social media yang paling populer, Facebook, dalam 6 tahun bertambah penggunanya sebanyak 500 juta pengguna, dan terus bertambah hingga saat ini. Selain jejaring sosial, banyak juga tipe social media yang lain, seperti media sharing, microblogging, wikis, blog, social review, dan social bookmark. Semuanya ini adalah social media berbasiskan internet. Boomingnya social media belakangan ini, dimanfaatkan perusahaan untuk meningkatkan kualitas hubungan mereka dengan pelanggan dan terintegrasi dengan sistem CRM. CRM dengan dukungan social media inilah yang kemudian disebut sebagai social CRM.

Sekilas CRM

Banyak definisi mengenai CRM itu sendiri. Menurut Pringle & Thompson (1999), CRM didefinisikan sebagai alat pemasaran yang menghubungkan sebuah perusahan atau merek dengan kehiduran sosial yang relevan atau untuk menyebarkan isu yang saling menguntungkan. CRM ini adalah cara untuk menaruh harapan lebih pada laba dari investasi. Namun, sebagian besar peneliti mendefinisikan CRM sebagai kegiatan pemasaran dimana perusahaan menghubungkan pembelian konsumen langsung ke dalam interaksi sosial.
Menurut Marios Katsioloudes, Jim Grant dan Donelda S. McKechnie dalam papernya yang berjudul “Social marketing: strengthening company-customer bonds”, mereka menyatakan bahwa fokus strategi CRM ini adalah memberikan nilai antara perusahaan dengan pelanggan internal dan eksternal. Mereka juga mengemukakan beberapa prinsip fundamental yang penting dalam mengimplementasikan teknik manajemen pelanggan:
– memperoleh pelanggan yang tepat,
– mempertahankan mereka lebih lama lagi,
– menjual lebih banyak kepada mereka,
– melakukan proses ini se-efisien mungkin, dan
– memuaskan dan mempertahankan pelanggan internal (karyawan).

Outline: 

1. PENDAHULUAN
— 1.1 Latar Belakang
— 1.2 Identifikasi Permasalahan
— 1.3 Tujuan
— 1.4 Metode Penelitian
2. PEMBAHASAN
— 2.1 Sekilas CRM
— 2.2 Traditional CRM
— 2.3 Social media
— 2.4 Pelanggan dan Social media
— 2.5 Social media menuju Social CRM
— 2.6 Social CRM
— 2.7 Social CRM untuk Brand Loyalty
— 2.8 Traditional CRM dan Social CRM
3. PENUTUP
— 3.1 Kesimpulan
REFERENSI

Link Download:

http://utidi.com/downloads/Ahmad_Jakfar_Traditional_CRM_vs_Social_CRM.pdf

 

4.5 / 5 stars