Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Jenis Jenis Batubara

Batubara terbentuk dari tanaman yang telah membusuk dan kemudian tertekan ke bawah oleh pertumbuhan lapisan-lapisan baru dan tanah yang terbentuk diatasnya. Lumut hanya terbentuk beberapa ratus tahun sesudah tanaman mati. Inilah awal terbentuknya batubara. Lumut sering dijadikan batubara dan dipergunakan sebagai bahan bakar di negara-negara seperti Irlandia dan Finlandia. Pada abad ke-13, Marco Polo menemukan bahwa orang Cina menggunakan batubara sebagai bahan bakar sehari-hari untuk alat pemanasan dan memasak.

Batubara menggantikan kayu bakar untuk mencetak besi di abad ke-18 dan menjadi umum dipergunakan orang ketika mesin tenaga uap diciptakan. Hal ini memungkinkan terjadinya Revolusi Industri. Inggris adalah negara pertama yang mengadakan industrialisasi. Menyusul negara Eropa dan Amerika Utara. Sebagian besar daerah-daerah ini sekarang masih memiliki sumber batubara.

Batubara adalah bahan bakar yang terbentuk dari fosil yang sudah dikenal dimana-mana, ditemukan di setiap benua tertua di dunia ini. Kecuali kalau mutunya tidak baik atau sangat sulit dicapai, batubara selalu ditambang. Pencarian terhadap batubara terus dilakukan sepanjang masa. Kesepuluh negara yang menghasilkan 86% dari batubara di dunia meramaikan bahwa permintaan, produksi dan perdagangan batubara akan berkembang antara waktu sekarang ini dan akhir abad ke-XX.

Negara-negara baru seperti Bostwana di Afrika Selatan belakangan ini telah menemukan batubara dan mulai menambang dan mengekspornya. Di Jerman Barat tambang lapisan dikerjakan dalam skala yang besar sekali. Seluruh kota dan desa dihancurkan dan didirikan di tempat lain. Di Amerika Serikat, kondisi tanah dipulihkan kembali sesudah batubara ditambang. Humusnya diganti dan dalam jangka waktu satu tahun tanam-tanaman sudah dapat tumbuh diatasnya.

Jenis Jenis Batubara

Lignit: Merupakan batubara yang paling lunak dan kepadatannya masih dalam tingkat pertama.

Batubara Cannel: Keras dan berkilat. Bentuknya potongan tipis yang terbakar seperti lilin.

Batubara Bituminous: Batubara muda yang biasanya dipakai di rumah-rumah dan pabrik.

Antrasit: Merupakan batubara yang paling keras dan tidak berasap jika dibakar.

Energi Masa Kini: Batubara (PT Pradnya Paramita)
4.5 / 5 stars