Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Cara Meningkatkan Kualitas Suara Android Samsung Galaxy

Saya sudah memakai Android selama kurang lebih 2-3 tahun. Selama itu saya menyadari bahwa kualitas suara dari Android Samsung Galaxy tidak begitu berkualitas tinggi layaknya iPhone. Kualitas suara disini yang saya maksud adalah kualitas audio standar bawaan Samsung Galaxy. Tapi bukan berarti kemampuan Samsung Galaxy dalam menghasilkan suara audio sebatas itu saja. Jika kita mencari tahu lagi lebih lanjut, ternyata di internet banyak sekali kita bisa menemukan cara untuk meningkatkan kualitas suara dari Samsung Galaxy.

Apa yang dimaksud dengan suara audio yang berkualitas?
Sebuah musik, tentunya diciptakan dengan kualitas suara yang sangat baik. Rekaman pada ruangan yang hening. Noise yang dihasilkan sangat sedikit. Memadukan berbagai suara dari vokal, gitar, instrumen, perkusi, bass dengan sangat jernih menggunakan teknologi mixer terkini. Namun, biasanya suara audio yang kita dengan tidak sesuai dengan kualitas musik yang sebenarnya. Bisa jadi, karena kita menggunakan software yang kurang baik, hardware yang kurang berkualitas, dan earphone/headset yang tidak bagus. Bagi saya, suara audio musik yang berkualitas adalah suara yang kita dengarkan sama dengan suara yang seharusnya sesuai dengan bit-bit yang tersimpan pada sebuah file mp3. Indikatornya bisa kita dengarkan dari kelengkapan suara yang kita dengar. Menurut saya kualitas suara tidak hanya soal seberapa powerful Bass dan seberapa nyaring Treble, namun lebih dari itu. Suara dengungan studio misalnya. Ada beberapa musik yang dengan sengaja terdapat dengungan sehingga musik yang kita rasakan bisa lebih menarik. Semakin bagus kualitas suara, maka akan semakin banyak suara musik yang belum pernah kita dengar sebelumnya.

Saya adalah penggemar audio, dan juga penggemar musik. HP saya Android, dan saya sadar kualitas audionya belum cukup. Untuk itu, saya mencari berbagai sumber dari internet tentang bagaimana meningkatkan kualitas suara Android di Samsung Galaxy milik saya.

Setelah mencari berbagai referensi, maka sampai saat ini script dari AC!D AUDIO TECHNOLOGY adalah yang terbaik.

Sebelum melanjutkan, perhatikan hal-hal penting dibawah ini:
– Android sudah dalam keadaan ROOTED, dan memiliki akses superuser.
– Sudah terinstall custom Recovery, tidak disarankan memakai recovery bawaan. Saya sendiri memakai CWM Recovery.
– Sudah terinstall android terminal emulator.
– Saya mencoba menginstall ini pada Samsung Galaxy W dan ROM Slim Bean. Saya belum tahu apakah Android lain bisa menggunakan cara ini atau tidak. Namun, garis besarnya kurang lebih sama, yaitu dengan menggunakan AC!D akan dihasilkan suara yang berkualitas. Menurut pembuatnya, script ini bisa untuk Xperia 2010/2011/2012, Galaxy devices, Lg dll.
– Cara ini untuk pengguna Android yang berpengalaman. Jika anda masih newbie dalam mengutak-atik Android, tidak disarankan menggunakan cara ini.
Do with your own risk! Saya posting disini untuk sekedar sharing dan berbagi pengalaman dengan anda. Hasil apapun yang anda lakukan adalah tanggung jawab anda sendiri.

Cara install:

– Download AC!D MOD
Version 7 for GB
Version 7 for ICS/JB[Stock/AOSP][2802/2805]
Version 7 for XPERIA Z/ZL/T/V[Stock]
Version 7 for XPERIA NXT
(pilih sesuai dengan jenis ROM anda. GB: Ginger bread, ICS: Ice Cream Sandwich, JB: Jelly Bean, Stock: ROM bawaan merek HP, AOSP: Android Open Source Project, atau kebalikan dari Stock.)

– Download Clear audio + Audio FX Widget.
http://d-h.st/ZKX

– Lakukan Nandroid Backup, atau mekanisme backup apapun. Ini untuk mencegah apabila anda gagal dalam melakukan instalasi dan Android kemudian pada keadaan bootloop atau tidak bisa menyala.

– Pergi ke mode Recovery. (disarankan melalui CWM Recovery).

– Lakukan Wipe Cache, kemudian Wipe Dalvik Cache.

– Flash semua file yang didownload melalui CWM. (pertama 2802, kemudian 2805, lalu Clear Audio).

– Lakukan Wipe Cache, kemudian Wipe Dalvik Cache.

– Reboot Android anda.

– Cek build.prop dan gunakan terminal emulator untuk memperbaikinya.

su [enter]
mount -o rw,remount /system [enter]
aengine

– Reboot.

– Jika anda masih kurang puas, anda bisa menginstall Poweramp Music Player. Meskipun berbayar, namun menurut saya aplikasi tersebut adalah salah satu yang terbaik, kualitas suara mengagumkan.

http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1923630
4.5 / 5 stars