Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Cara Membuat Paragraf Persuasif

Dalam membuat paragraf persuasif, yang biasanya meminta seseorang untuk melakukan sesuatu, dengan cara yang baik dan benar, terkadang sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, disini saya akan memberikan tips-tips dan cara membuat  paragraf yang bisa mengajak orang untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan.

Tarik Perhatian
Yang harus anda lakukan pertama kali dalam membuat paragraf persuasif ialah, pancing perhatian pembaca dengan sesuatu yang menarik. Menarik bagi pembaca, untuk membaca paragraf anda, karena sia-sia saja jika anda menulis panjang lebar, namun tidak dibaca keseluruhan oleh pembaca karena pembaca tidak/belum merasa tertarik oleh tulisan anda. Bagian awal dari paragraf adalah yang paling menentukan mood dari pembaca.  Selalu buat kalimat pertama semenarik mungkin, maka pembaca akan tertarik membaca lebih lanjut tulisan anda. Buat tulisan dengan penuh percaya diri, tanpa keraguan dalam menulis dan selalu awali paragraf dengan kesan serta info yang positif.

Kembangkan Ketertarikan Pembaca
kadangkala, meskipun sebuah artikel diawali dengan menarik, namun belum tentu menjamin ketertarikan pembaca. Kuncinya ialah, mengapa pembaca harus membaca paragraf anda sampai habis, kalimat terakhir. Jika pada langkah awal anda sudah mencoba menarik perhatian pembaca, kembangkan ketertarikan pembaca tersebut, dengan cara anda. Misalnya dengan menjawab pertanyaan : Mengapa saya (pembaca) harus membaca tulisan ini? Apakah (tulisan) ini berpengaruh dan relevan bagi saya? Jika anda bisa menjelaskan hal tersebut dengan baik, maka anda sudah bisa menguasai separuh minat membaca mereka terhadap tulisan anda.

Pengaruhi Keinginan Pembaca
Dalam menyuruh/mengajak orang untuk melakukan sesuatu, sesuai dengan keinginan kita maka harus ada alasan bagi mereka (pembaca) untuk tertarik dengan ajakan kita. Misal, kita menyuruh seseorang untuk berolahraga. Jika seseorang tersebut tidak mengetahui manfaat dari olahraga, maka akan sulit mempengaruhi mereka untuk berolahraga. Lain halnya, jika seseorang tersebut mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari berolahraga, maka mereka dengan senang hati memenuhi perintah kita. Maka, jangan lupa, selalu sertakan alasan mereka untuk melakukan apa yang kita mau, apa manfaatnya bagi mereka.

Melakukan Aksi
Tiga hal diatas adalah konseptual. Skill anda akan diasah seberapa menariknya anda dalam membujuk seseorang untuk memenuhi keinginan kita. Jika itu semua telah kita lakukan, maka kini kita akan memberi tahu pembaca, tentang : bagaimana cara melakukannya?? Ya, beritahukan semua hal-hal teknis yang harus dikerjakan/dipatuhi si pembaca. Bagian ini adalah sebagai panduan yang dapat mempermudah mereka untuk bisa mengerjakan apa yang kita inginkan.

Cara membuat paragraf persuasif ini adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri.
Oke, masih ada yang bingung? Silahkan tanyakan disini icon biggrin Cara Membuat Paragraf Persuasif

4.5 / 5 stars