Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Cara dan Panduan Flashing Custom ROM Android

Do with your own risk! Risiko apapun terhadap Android anda adalah tanggung jawab anda. 

Prasyarat Sebelum Flashing ROM


Agar anda dapat melakukan flashing ROM pada perangkat Android, maka ada beberapa hal yang diperlukan:

1.) Perangkat Android sudah memiliki custom recovery. Misalnya ClockwordMod (CWM), dll. Ingat, bukan recovery bawaan handphone!

2.) Custom ROM yang akan di-flashing memang ditujukan untuk tipe/jenis handphone Android anda. Jangan pernah mencoba melakukan flashing ROM pada tipe handphone, apalagi merek handphone yang berbeda. Perangkat Android anda mungkin akan mengalami softbrick, atau bahkan hardbrick.

3.) Memiliki SD Card (Micro SD) eksternal untuk menampung file ROM.



Cara Flashing ROM Android


Untuk melakukan flashing ROM pada Android anda, ikuti langkah berikut:

1.) Dapatkan ROM pilihan anda. Banyak sumber di internet yang bisa membantu anda mendapatkan file custom ROM yang tepat. Salah satu yang paling populer ialah di http://forum.xda-developers.com/.

2.) Setelah anda selesai download ROM tersebut, simpan file ROM ke dalam SD Card anda. Biasanya file ROM ini berbentuk .zip.

3.) Matikan handphone anda, masuk ke Recovery. Cara untuk masuk ke recovery ini berbeda untuk tiap handphone Android. Jika anda tidak tahu caranya, silahkan cari tutorialnya di internet atau sumber lainnya.

4.) Setelah anda sudah masuk ke Recovery, silahkan pilih opsi untuk menghapus file-file yang ada di handphone anda. Sangat disarankan untuk terlebih dahulu membackup data anda. Pilih Wipe Data/Facory Reset. Kemudian Wipe Dalvik Cache. Format /System. Pastikan bahwa file-file di Android telah terhapus. Namun jangan sampai anda memformat ulang SD Card anda yang berisi file ROM tersebut.

5. ) Setelah Android dibersihkan, pilih menu ‘Flash Zip from SD Card’, menu selanjutnya bisa berbeda-beda tiap tipe. Biasanya akan dihadapkan pada pilihan ‘Choose Zip from SD Card’, atau¬†’Choose Zip from External SD Card’. Karena anda menaruh file ROM pada external SD Card, pilih menu yang kedua tersebut.

6.) Pilih file ROM .zip anda yang akan di-flashing.

7.) Confirm untuk melakukan flashing.

8.) Jika tidak terdapat pesan eror pada saat melakukan instalasi, Reboot Android anda.

9.) Silahkan tunggu Android anda sampai selesai booting. Kadang proses ini memang memakan waktu cukup lama. Namun ketika booting terlalu lama (anggaplah lebih dari 15 menit), kemungkinan Android anda mengalami bootloop, karena ROM tidak berhasil 100% diinstall. Silahkan cari ROM lain yang tepat untuk Android anda.

Trial and Error adalah hal yang wajar terjadi pada saat menginstall custom ROM untuk Android. Jangan ragu untuk mencoba berbagai ROM yang terbaik menurut anda.

Selamat mencoba icon smile Cara dan Panduan Flashing Custom ROM Android

4.5 / 5 stars      



5 Comments

  1. hpe andromax i sya ada mslah. Jringan smartfren@ hilang hbis pake radio switcher, gmna ya cara ngembaliin@ ?

  2. hpe andromax i sya ada mslah. Jringan smartfren@ hilang hbis pake radio switcher, gmna ya cara ngembaliin@ ??

  3. hpe andromax i sya ada mslah. Jringan smartfren@ hilang hbis pake radio switcher, da cara ngembaliin@ gk dy?

  4. thank gan… manfaat banget

  5. Pak mohon bantuannya.. tablet saya cyrus pad tv slim k3409, bootloop disebabkan karena ganti font, saya sudah lakukan wipe data/factory reset tetapi masih bootloop juga, kemudian saya lakukan upply update from sdcard dengan mendownload Android Firmware R7220 cyrus tv pad slim dengan file rar zip ukuran 256.805 Kb, saya buatkan folder baru dgn nama updata dikartu memori, tetapi tidak berhasil juga, ini keteranganx
    E:failed to mount /ext-sd (No such file or directory)
    E:error opening /ext-sd/update: No such file or directory
    Install from sdcard complete.
    Mohon pencerahannya pak.. apa masih ada cara lain untuk flashing tablet saya?



Leave a Comment


Name

Mail (will not be published)

Website (may be blank)

Your message...