Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Binatang Aligator

Binatang Aligator

Aligator dan saudaranya kaiman adalah buaya yang bermoncong pendek. Aligator asli dapat bertahan hidup di lingkungan yang lebih dingin daripada saudara-saudaranya yang lain. Mereka hidup di utara-jauh dan berhibernasi di musim dingin. Aligator dari Cina menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam lubang tepi sungai tempat mereka bertelur.

Kita mengetahui tentang Aligator Amerika lebih banyak jika dibandingkan dengan Aligator lainnya karena mereka paling banyak dipelajari daripada reptil lain. Namun, diperkirakan bahwa Aligator dari spesies lain juga hidup dan berkembang dengan cara yang sama. Aligator dan kaiman menghasilkan kulit yang berharga untuk disamak dan oleh sebab itulah, banyak Aligator dimusnahkan. Dalam keadaan tertentu, hilangnya Aligator menyebabkan terjadinya bencana ekologi karena serangga, tikus, dan ikan yang biasanya menjadi makanan aligator, menjadi begitu melimpah jumlahnya sehingga menjadi hama.

Aligator memiliki moncong yang lebih pendek dan lebih tumpul daripada buaya. Bila mulut buaya tertutup, gigi besar keempat dari tengan di rahang bahwa masih terlihat dari depan dan ketika tepat masuk ke dalam terdapat sebuah lekukan di rahang atas. Jika Aligator menutup mulutnya, tidak satupun gigi bawahnya yang kelihatan.

Penyebaran
Aligator Amerika ditemukan di daerah Amerika Selatan dan ke utara sampai sejauh Karolina, Amerika Serikat. Aligator Cina hidup di hilir sungai Yangtze. Kaiman hidup di daerah tropis Amerika.

Aligator Terbesar
5,8 m

Jumlah Telur Aligator
25-55

Rentang Usia Aligator
56 tahun dalam kurungan

Subfilum
Vertebrata

Kelas
Reptilia

Ordo
Krokodilia

Jumlah Spesies
Aligator 2, Kaiman 4

Sumber: OXFORD Ensiklopedia Pelajar, Jilid 1.
4.5 / 5 stars