Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Binatang Ajak

Binatang Ajak

Ajak adalah binatang yang mempunyai ukuran tubuh sedang dan merupakan salah satu anggota keluarga yang hidup di daerah hangat, kering, dan terbuka. Ajak berwarna keemasan mungkin dapat ditemukan di dekat kota atau desa, tempat hewan tersebut sering mengais-ngais sampah. Namun, pada umumnya ajak memakan rodensia, kadal, burung yang hidup di darat, dan serangga, meskipun mereka sebenarnya mampu memburu binatang yang tubuhnya lebih besar dari mereka seperti antelop kecil. Ajak juga makan buah-buahan dan bangkai, termasuk sisa-sisa hasil buruan singa.

Ajak biasanya hidup berpasangan, walaupun juga dapat hidup berkelompok, yaitu jika terdapat makanan yang berlimpah. Sekali mereka berpasangan, biasanya mereka terus tinggal bersama, menempati daerah perburuan yang luasnya kira-kira beberapa kilometer persegi, termasuk daerah kekuasaannya yang ditandai dengan bau kencing mereka. Anak-anak mereka dilahirkan dalam gua kecil di dalam tanah di daerah kekuasaan mereka. Anak-anak ajat ini tinggal bersama induknya untuk sekurang-kurangnya selama enam bulan, kadang-kadang lebih lama, karena membantu menjaga anak-anak ajat yang lahir di tahun berikutnya.

Ajak sering dituduh membunuh ternak, dan oleh karena itu mereka pun diburu. Karena perburuan dan penghancuran habitat mereka, ajak sekarang terancam punah dan termasuk dalam satwa yang dilindungi.

Penyebaran
Di daerah yang cocok lingkungannya di Afrika, Asia dan Eropa Tenggara

Ukuran
Ajak keemasan adalah yang terbesar dengan ukuran panjang dari kepala ke badan sampai dengan 106 cm, panjang ekor sampai bahu 40 cm, dan tinggi bahu sampai 50 cm

Berat
Sampai 15 kg

Jumlah anak
3-4 ekor

Rentang Usia
Sampai 9 tahun bagi yang hidup liar dan sampai 16 tahun dalam kandang

Subfilum
Vertebrata

Kelas
Mamalia

Ordo
Karnivora

Keluarga
Canidae (keluarga anjing)

Jumlah spesies
4

Sumber: OXFORD Ensiklopedia Pelajar, Jilid 6.

4.5 / 5 stars