Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

BEM UI 2011 : Together in Excellence

Badan Eksekutif Mahasiswa adalah sebuah organisasi kemahasiswaan tertinggi pada suatu tingkat universitas / fakultas karena memiliki tanggung jawab untuk memantau dan mengawasi setiap organisasi yang ada dibawahnya. Karena itulah BEM memiliki tanggung jawab besar dalam setiap aktifitas kegiatan mahasiswa, dengan cara memfasilitasi mahasiswa dalam hal kesenian, olahraga, akademis, dan juga salah satu yang terpenting, kesejahteraan mahasiswa karena menyangkut masa depan mahasiswa untuk tetap bisa bertahan hidup di universitas. Ada BEM Fakultas, ada BEM universitas, keduanya memang berbeda dalam teknis pelaksanaan dan fokus target, namun tetap memiliki tujuan mulia yang sama : memfasilitasi mahasiswa.  Sehingga dalam berjalannya kepengurusan BEM, tidak lain adalah dalam rangka menyediakan fasilitas kepada mahasiswa untuk bisa berekspresi.

BEM Universitas Indonesia sebagai organisasi kemahasiswaan terbesar di tingkat UI juga tentu memiliki tujuan utama yang sama, yaitu menjadi wadah yang memfasilitasi mahasiswa. BEM UI juga memiliki ruang lingkup yang sangat besar dalam memberikan kebermanfaatan bagi ribuan mahasiswa UI. Tentu hal tersebut bukan merupakan hal yang mudah. Dengan lebih dari 5000 mahasiswa aktif UI yang tersebar kepada belasan fakultas di depok dan salemba, tentunya amanah yang dimiliki oleh BEM UI ini sangatlah besar. Untuk itu BEM UI, khususnya BEM UI 2011 yang pada tahun ini mempunyai giliran untuk memberikan kebermanfaatan bagi setiap mahasiswa UI, harus tetap bisa konsisten berada dalam jalur yang benar sebagai pelayan bagi mahasiswa UI.

Together in Excellence merupakan sebuah jargon dari BEM UI 2011 yang diharapkan bisa menjadi inspirasi dan pemicu semangat bagi BEM UI 2011 untuk bisa melaksanakan segala prokernya dengan baik secara konsisten. Lalu apakah maksud dari together in excellence ini? Kalimat ini terdiri dari dua kata utama, yaitu together dan excellence. Kata pertama, together menunjukkan rasa kebersamaan, rasa kekeluargaan yang akan dibangun pada BEM UI periode 2011 ini. Dengan terikatnya rasa kebersamaan ini pada seluruh anggota BEM UI, maka nantinya diharapkan seluruh pengurus BEM UI bisa menjalankan segala amanahnya dengan lebih bersemangat, karena adanya rasa kekeluargaan ini. Rasa kebersamaan ini juga bisa mempererat kinerja teamwork BEM UI, sehingga dapat menghasilkan result yang lebih maksimal. Loyalitas dari pengurus BEM UI juga akan  terbangun dengan baik, karena terciptanya suasasana kerja yang positif. Kata kedua, yaitu excellence, merupakan suatu ungkapan positif, mencerminkan sutau kesempurnaan, tanpa cacat, kebaikan yang maksimal. Excellence inilah yang berusaha diwujudkan dalam BEM UI periode 2011. Kesuksesan akan diraih jika telah mewujudkan kata excellence ini. Sehingga BEM UI dalam menjalankan segala prokernya, akan dilakukan dengan persiapan yang matang, dengan prosedur yang jelas dan terencana, untuk meraih kata excellence ini.

Mari kita gali lebih jauh apa yang dimaksud dengan together in excellence ini. Ketika kedua kata ‘together’ dan ’excellence’ ini dihubungkan dengan kata penghubung ‘in’ yang berarti di, dalam, atau pada maka berarti kebersamaan, kekeluargaan yang ada akan berdampak pada kesempurnaan. :-))