Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Belajar Mengetik Cepat

Bagaimana cara mengetik dengan cepat? tentunya dengan banyak latihan dan memahami sedikit teori tentang cara mengetik 10 jari. Jika kita bisa mengetik 10 jari dengan benar dan tanpa melihat keyboard, maka sudah tentu skill mengetik kita akan di atas rata-rata. karena jika dengan tepat anda bisa mengetik 10 jari maka potensi seluruh jari-jari anda akan termaksimalkan, dibandingkan dengan orang yang mengetik hanya dengan mengandalkan beberapa jari. Masih ingatkah? mungkin ketika kita masih sd, smp, baru pertama kalinya mengetik di komputer, cenderung menulis dengan 2 jari, telunjuk kiri dan telunjuk kanan, hehe icon razz Belajar Mengetik Cepat

Tentunya kita juga menyadari bahwa hal tersebut kurang baik, dan jika tidak dibiasakan mengetik dengan 10 jari, maka skill dan kecepatan mengetik anda tidak akan berada pada kecepatan yang maksimal. Ya, tentu saja. Mengetik dengan 2 jari jauh lebih lambat dibandingkan dengan menegtik 10 jari, bukan? Secara logika memang begitu.

Aturan mengetik 10 jari

huruf A – kelingking kiri
huruf S – jari manis kiri
huruf D – jari tengah kiri
huruf F – telunjuk kiri

huruf J – telunjuk kanan
huruf K – jari tengah kanan
huruf L – jari manis kanan
karakter ; – kelingking kanan

Menghafal teks untuk mengetik cepat

Mungkin anda bermasalah dalam menghafal teks? Jika anda cepat dan baik dalam menghafalkan teks maka anda mungkin memiliki waktu lebih banyak untuk bisa melihat keyboard anda. Lain halnya dengan orang seperti saya, yang cenderung sulit untuk menghafal, maka cara terbaik untuk mengetik cepat adalah menghafalkan urutan huruf pada keyboard, sehingga saya bisa mengetik dengan tidak melihat keyboard, kecuali hanya sesekali.

Lalu apa untungnya mengetik cepat? Untuk anda yang terbiasa bekerja di depan komputer, maka akan sangat merasakan manfaatnya. Apalagi jika Anda bekerja sebagai juru ketik misalnya. Sederhana saja, jika anda mengetik dengan lebih cepat maka pekerjaan anda akan jauh lebih cepat selesai dan waktu yang dihabiskan untuk mengetik juga lebih sedikit. Sehingga, pekerjaan anda akan lebih efisien. (rock)

Kunci utama untuk bisa mengetik cepat adalah : Latihan B-)

Perbanyaklah latihan dan usahakan agar jari-jari anda bisa optimal dengan kecepatan yang maksimal, namun tetap jaga akurasi mengetik.

anda bisa mengunjungi situs www.typeracer.com untuk melatih skill menulis anda,

Selamat belajar! icon smile Belajar Mengetik Cepat

5 / 5 stars      



2 Comments

  1. ga ad ltihan yg gak pke oll

  2. disini kumpul raja ketik indonesia.. fasilitasnya enak juga buat latihan untuk nubi seperti saya..

    http://10fastfingers.com/typing-test/indonesian

    banyak yang bisa lebih dari 100wpm



Leave a Comment


Name

Mail (will not be published)

Website (may be blank)

Your message...