Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Binatang Badak

          Badak berbeda dengan semua binatang menyusui yang bertanduk karena tanduknya tidak terletak di atas kepala, melainkan di ujung hidungnya. Tanduk ini juga tidak serupa dengan tanduk ternak atau tanduk bercabang rusa, tetapi terbuat dari rambut tebal yang diproses.

          Binatang Badak hidup di tanah rerumputan dan hutan di iklim tropis, selalu dekat dengan air, karena mereka perlu minum air setiap hari dan mereka menikmati berkubang dalam lumpur. Mereka hanya makan tanam-tanaman, yang oleh badak hitam direnggut menggunakan alat peraba di bibir atasnya. Badak memiliki indera pendengaran dan penciuman yang tajam, tetapi mereka rabun dekat. Kecuali induk dan pedetnya, badak biasanya hidup sendiri-sendiri dan sering curiga kepada sesuatu yang asing. Sebagai akibatnya, badak sering menyerang pendatang tanpa sebab.

          Walaupun mereka memiliki kulit yang tebal, badak menderita gangguan dari berbagai kutu kulit dan parasit lain. Badak sering terlihat bersama dengan burung pemakan kutu, yang sangat membantu badak itu. Bayi badak sering diburu oleh harimau,  tetapi manusia adalah musuh terbesar badak dewasa. Di masa lampau ada selusin jenis badak yang hidup di beberapa pelosok dunia, tetapi sekarang hanya tinggal 5 jenis dan semua jenis itu masih terus diburu sampai hampir punah.

Badak Putih
Berbeda dengan badak lain, badak putih bertemperamen sedang dan sangat penakut, walaupun betinanya dengan berani mempertahankan anak-anaknya.

Fakta Badak
Penyebaran Badak: Afrika dan Asia
Badak Terbesar: Badak putih yang panjang badannya sampai 5 m dan beratnya sampai 3.800 kg.
Badak Terkecil: Badak (berambut) Sumatra, yang panjang kepala dan badannya kurang dari 3,2 m dan beratnya kurang dari 2.000 kg.
Jumlah Anak Badak: Bayinya tinggal dengan induknya selama kira-kira 2 tahun, kemudian si induk mungkin melahirkan anak lagi.
Rentang Usia Badak: Sampai 50 tahun.
Subfilum Badak: Vertebrata.
Kelas Badak: Mamalia.
Ordo Badak: Perissodaktila.
Keluarga Badak: Rhinoserotidae.
Jumlah Spesies Badak: 5

Oxford Ensiklopedi Pelajar
4 / 5 stars