Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Aplikasi Chatting WhatApp, KakaoTalk Dan Lainnya, Semakin Kubur BBM (Blackberry Messenger)

aplikasi chatting whatsapp

Mungkin anda masih ingat dengan populernya aplikasi chatting BBM (Blackberry Messenger).  Aplikasi ini boleh dikatakan menjadi salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh blackberry hingga mampu mendongkrak nama dan penjualan produk blackberry yang dulu masih perusahaanya masih RIM (research in Motion) yang sekarang telah berganti menjadi blackberry.

Sekarang, coba kita lihat keadaan aplikasi chatting BBM ini ditengah boomingnya ponsel berplatform setara dengan blackberry bahkan lebih populer dari blackberry OS, antara lain android, iOS, windows phone, bahkan adalagi platform yang akan segera meluncur kepasaran seperti firefox OS, dan beberapa lainnya. Dan Setiap sistem operasi ponsel terbaru itu, memiliki aplikasi yang cukup beragam dan salah satunya adalah aplikasi chatting. Beberapa aplikasi chatting terpopuler sekarang ini katakan saja, seperti WhatsApp, Line, WeChat, KakaoTalk dan berbagai jenis aplikasi chatting lainnya, yang tentunya tidak kalah keren dibanding blackberry messenger yang kita bicarakan itu, semakin menggerus nama  Blackberry messenger saja.

Coba anda perhatikan ditrend kehidupan mobile sehari-hari kita, apa masih banyak atau serame dulukah BBM dibicarakan dimasyarakat atau katakanlah dikomunitas pecinta chatting via smartphone  ? WhatsApp sebagai aplikasi paling populer dan juga lintas platform saat ini sepertinya sudah lebih populer dari aplikasi chatting BBM milik blackberry itu. Ditambah lagi gempuran promosi aplikasi chatting lainnya yang semakin marak di media.

Di Indonesia pengguna blackberry memang masih cukup ramai, namun di luar negeri atau dibeberapa negara banyak dikabarkan bahwa pengguna blackberry semakin berkurang saja. Bukan hanya itu, brand ponsel yang populer bernama BLACKBERRY yang dulu, saat ini sudah semakin berkurang kepopulerannya di Indonesia, bukan mengatakan tidak laku lagi, namun terlihat gempuran dari ponsel-ponsel berkelas dari platform lainnya sudah sangat menggempur dan menurunkan popularitasnya dipasaran.

Sepertinya kekuatan nama blackberry sekarang ini sudah sangat surut dipasaran, entah masih mampu dikembalikan lagi oleh perusahaanya kita lihat saja, walau memang blackberry 10 sudah diluncurkan dan smartphone yang mengadopsinya seperit Blackberry z10 sudah masuk keIndonesia, namun sepertinya keadaan pasar masih tetap sepi terhadap blackberry.

Lantas bagaimana menurut anda, tentang topik yang kita bicarakan ini, jika anda ada pendapat lainnya, mari berdiskusi lewat kotak komentar dibawah.

Penulis: Hendra

Juga sering menulis artikel teknologi di salah satu situs berita teknologi terkini,  yaitu di www.pecintatekno.com

4.5 / 5 stars