Pages Navigation Menu

Indonesian Online Blog

Apa Itu Binatang Platipus

Platipus

Ketika pertama kali ditemukan di Australia dan kulitnya dikirimkan ke Eropa. ilmuwan di sana menganggapnya suatu lelucon karena Platipus tampak seperti hewan campuran. Ia berbulu, seperti mamalia yang lain, tetapi berparuh seperti seekor bebek. Jantannya berjalu kelenjar racun yang tajam di pergelangan kakinya, sedangkan betinanya bertelur seperti kadal atau ular.

Platipus hidup di air, yaitu di jeram gunung yang dingin atau di sungai tanah datar yang hangat. Saat memburu mangsanya di bawah air, platipus menutup mata, telinga, dan lubang hidungnya. Namun, ia mampu mendeteksi udang dan hewan kecil lain yang hidup di sungai dengan paruhnya yang lunak, lentur, dan amat peka.

Platipus berlindung dalam liang yang digangsirnya di tepi sungai. Seekor platipus betina membuat sarangnya dalam liang penetasan khusus, yang jauh lebih rumit dan mungkin panjangnya sejauh 30 m. Betina itu bertelur 2 butir, mengeraminya di bawah lingkar badan dan ekornya. Ketika menetas, induk platipus itu menyusuinya melalui puting-puting susu di perutnya. Bayi platipus mendorong-dorong puting

Seekor platipus-perenang berenang dengan kaki belakangnya dan mengayuhkan telapak kaki depannya yang besar dan berselaput. Di darat selaput-rentannya itu dilipat ke dalam ‘tangan’-nya, dan dia berjalan di atas kepalan kaki depannya. Di samping itu, dia dapat lincah bergerak dan mahir menggangsir.

Penyebaran
Pantai timur Australia, juga Tasmania

Ukuran
Jantan sampai 60 cm, betina lebih kecil

Berat
Sampai 2,4 kg

Jumlah anak
2

Waktu mengeram
1 – 2 minggu

Masa menyusui
4 – 5 bulan

Rentang usia
Sekitar 10 tahun di alam dan 17 tahun dalam tangkapan

Subfilum
Vertebrata

Kelas
Mamalia

Ordo
Monotremata (mamalia petelur)

Jumlah spesies
1

Sumber: OXFORD Ensiklopedia Pelajar, Jilid 6.

4.5 / 5 stars